Home » » Pengertian VGA dan Fungsinya

Pengertian VGA dan Fungsinya


Pengertian VGA
VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator, berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki prosesor yang dinamakan GPU (Graphics Processing Unit) dan memiliki memori secara independen. Pengertian VGA  komputer bagian komputer berada di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa adanya VGA, layar komputer tidak akan menampilkan apapun alias blank, bahkan komputer tidak akan bisa hidup dikarenakan akan terus mengeluarkan peringatan bahwa ada perangkat yang hilang ditandai dengan bunyi beep pada BIOS.


VGA terdiri dari ada yang berupa slot tambahan yang disebut sebagai VGA card ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board. VGA Onboard tak perlu dibahas karena sudah menjadi satu dengan chipset southbridge atau chip sendiri namun menjadi satu dengan motherboard. Sedangkan VGA tambahan disebut VGA card krn perangkat keras ini memang berbentuk spt kartu yg ditancapkan pada motherboard melalui slot yang diperuntukkan khusus bagi VGA. Pada masa lalu, port ini ikut dalam port ekspansi PCI, kemudian ada port khusus AGP dan sekarang ini hampir semua VGA card menggunakan port PCIe atau PCI Express.

Dari waktu ke waktu, yang membedakan mereka adalah pada pin atau jumlah kakinya serta kecepatan transfer data. Jika pada awalnya VGA hanya dapat menampilkan hitam putih, maka saat ini VGA sudah dapat menampilkan High Definition Color, yaitu warna yang mendekati dengan aslinya. VGA card memiliki prosesor dan memori sendiri sampai mengeluarkan panas sehingga memerlukan pendingin yang berupa kipas pendingin (heat sink) yang terkadang dapat dilengkapi kipas jika memang panas yang dihasilkan terlalu tinggi. Semua ini adalah hasil penilaian dan desain dari manufaktur yang bersangkutan. Tidak ada  VGA card yang bentuknya sama persis, kecuali memang seri dan produsennya sama.


Seperti apa bentuk VGA card tersebut?
Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.

Keuntungan VGA card non on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer.
Disebut VGA card karena komponen ini memang berbentuk seperti kartu yg di"tancap"kan pada motherboard (mobo) melalui satu slot yg khusus unt itu. Karena VGA card memiliki prosesor yg mengeluarkan panas saat beroperasi, maka pasti ada perangkat pendinginnya, bisa berupa sirip-sirip logam dgn pipa-pipa penghantar panas (heatpipe) atau berupa kipas pendingin (Heat Sink Fan/HSF).


Alasan kenapa orang ingin mengganti VGA Onboard :

*VGA onboard tidak memiliki memori dan prosesor sendiri sehingga kinerjanya dapat membebani sumber daya prosesor dan memori utama. Namun beberapa vendor sudah mengeluarkan motherboard dengan VGA onboard dengan memori tersendiri, tentu saja harga motherboardnya menjadi lebih mahal.

*Kesulitan dalam pemrosesan 3D karena umumnya VGA onboard susah memproses 3D dengan baik. Kalaupun bisa, hasilnya tidak cukup maksimal dan seringkali patah-patah.

Baca Juga :
-Pengertain Processor
-Pengertian RAM


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Chat