Home » » Pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya


RAM atau Random Access Memory, atau biasa juga disebut Memory, adalah suatu alat komputer (perangkat keras/hardware). RAM merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data pada komputer atau media elektronik lainnya (PDA. HP, Notebook, Netbook, dll) yang bersifat sementara. Artinya bila komputer dimatikan, maka semua instruksi atau data yang telah dsimpan di RAM ini akan hilang. Jadi
Fungsi RAM yaitu untuk menyimpan instruksi sementara dari komputer untuk mengeluarkannya ke output device.


Misalnya:
1. Kita akan memnjalankan Video dari komputer kita, lalu setelah kita buka dengan program winamp atau media lainnya, maka program winamp yang tadinya berada di harddisk, akan di eksekusi di RAM dan dikeluarkan melalui output device, baik melalui speaker (sebagai keluaran suara) ataupun monitor (sebagai tampilan). Jadi Video yang tadinya berasal dari harddisk akan disimpan sementara di RAM.

2. Ketika Kita akan memainkan game atau aplikasi lainnya, sama perinsipnya dengan yang diatas. Artinya program yang telah terinstall di harddisk akan dipanggil ke RAM dan diekseskusi lalu dikeluarkan sebagai hasil eksekusi tersebut sesuai dengan fungsi dari aplikasinya.

Itu sebabnya mengapa bila komputer yang memiliki RAM 128 MB, bila digunakan untuk membuka banyak aplikasi akan mengalami crash/hang? dikarenakan program yang diekseskusi kapasitasnya melebihi dari media eksekusinya (RAM), maka dari itu terjadilah crash. Bila diibaratkan “seseorang yang diperintahkan untuk memainkan 5 alat musik dalam satu waktu, apa jadinya?”
Dan mengapa suatu sistem operasi memerlukan standard tersendiri untuk keperluan Memorynya? Contoh windows vista Membutuhkan RAM minimal 1GB,  Artinya untuk menjalankan sistem operasi itu dibutuhkan setidaknya kurang dari 1GB, sisanya untuk aplikasi lain yang sudah terisntal. Begitu pula dengan game pc yang memerlukan Memory yang cukup besar.
Jadi gunakanlah RAM Sesuai yang dibutuhkan….
Jika anda ingin melihat berapa besar RAM anda,anda bisa menggunakan Aplikasi GPU-Z/CPU-Z bisa juga dari My Computer -> Properties atau bisa melalui CTRL + ALT + DEL pada Task Manager pilih Performance -> Memory.

Baca juga:
*Pengertian Processor
*Pengertian VGA
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Chat