Home » » 6 Fakta Menarik mengenai PlayStation 4

6 Fakta Menarik mengenai PlayStation 4



- PlayStation 4 (PS4) memang termasuk konsol game yang paling dinanti. Tak ingin membuat para gamer terus penasaran, Sony pun segera mengumumkan keberadaan konsol tersebut lengkap dengan fitur-fitur yang ada.

Tapi sayangnya, tidak semua informasi mengenai konsol tersebut diungkapkan Sony. Wujud PS4 saja hingga kini masih menjadi misteri, begitu juga soal tanggal rilis dan harga jualnya nanti.

Pun begitu, masih banyak fakta menarik soal konsol tersebut yang patut diperhatikan

 1.Spesifikasi PS4


Sebelumnya sudah banyak beredar bocoran mengenai PS4. Beberapa di antaranya hanya hoax belaka, sedangkan lainnya bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Di sebuah perhelatan yang digelar di New York, AS, Sony pun akhirnya membeberkan spesifikasi tersebut. Tidak secara detail memang, tapi sudah cukup untuk membayangkan bagaimana hebatnya konsol tersebut.

PlayStation 4 diperkuat dengan prosesor 8 core. Sementara sektor grafis memakai GPU komputer yang diklaim cukup bertenaga dan memori ditopang dengan DDR5 8 GB.

Andrew Hall, Presiden Sony Computer Entertainment, mengklaim PS4 adalah platform konsol game Sony yang paling powerful dan sebanding dengan PChigh end.

Perangkat kamera PlayStation Eye pun sekarang diklaim lebih canggih. Perangkat ini berguna untuk mendeteksi pergerakan pengguna.

Main Processor
  • Single-chip custom processor
  • CPU : x86-64 AMD 'Jaguar', 8 cores
  • GPU : 1.84 TFLOPS, AMD next-generation Radeon based graphics engine

Memory: GDDR5 8 GB

Hard Disk Drive: Built-in

Optical Drive
  • (read only)
  • BD 6xCAV
  • DVD 8xCAV
  • I/O
  • Super-Speed USB (USB 3.0), AUX

2.Kontroler DualShock 4


PS4 punya kontroler baru yang disebut DualShock 4.

Sekilas kendali ini memang mirip dengan generasi sebelumnya, logo tombol dan penempatannya pun masih dibuat sama. Hanya saja yang sekarang punya area khusus yang disebut touch pad.

Area sentuh itu bisa digunakan untuk mengendalikan game, mirip dengan yang ada di PlayStation Vita. Sensasi memakainya pun dijanjikan sangat seru, karena pengguna bisa mengkombinasikan dengan tombol fisik.

Selain touch pad, ada juga microphone, jack audio, serta tombol 'share' yang ada pada kontroler tersebut. 

Cek spesifikasi lengkap PS4 di tautan ini.

3. Bentuk Konsep yang Memikat


Hingga saat ini masih banyak beredar gambar menarik konsol PS4. Tapi jangan terlena dulu, karena itu bisa saja masih sebatas konsep.

Memang, banyak sekali fans PlayStation yang menuangkan imajinasinya untuk menerka bagaimana wujud PS4. Berikut adalah gambar konsep PS4 yang paling banyak diperbincangkan.

4. PlayStation Orbis


Banyak sumber yang mengatakan bahwa penerus PlayStation 3 tidak akan disebut PlayStation 4, melainkan PlayStation Orbis. Dugaan ini pun kian dipercaya setelah sejumlah media Jepang mengupas habis soal nama Orbis.

Orbis merupakan bahasa latin yang berarti lingkaran. Nama ini kemudian disandingkan dengan PlayStation Vita (bahasa latin Vitea) yang berarti kehidupan.

Orbis dan Vita jika digabungkan memiliki arti lingkaran kehidupan. Inilah yang menjadi alasan kuat mengapa Sony akan menggunakan nama Orbis di konsol selanjutnya.

Entahlah darimana teori itu berasal, namun yang jelas hal itu kini sudah terbantahkan. Karena Sony secara tegas menyebut konsol itu dengan nama PlayStation 4.

5. Dikawal 9 Game Papan Atas


Banyak developer raksasa yang langsung menyambut PS4 dengan game keren. Sebut saja Ubisoft, Capcom, Square Enix hingga Blizzard yang sudah menyiapkan game untuk konsol tersebut.

Sebut saja nama Watch Dogs, Killzone : Shadow Fall, Final Fantasy, Diablo 3 hingga Infamous: Second Sun yang siap memanjakan gamer PS4.

Tentunya selain gameplay yang menarik, kualitas grafis adalah salah satu hal yang paling ditonjolkan oleh para produsen game tersebut.

6. Jadwal Rilis & Harga


Dulu, Sony sempat menegaskan bahwa PlayStation 3 akan berumur sama dengan pendahulunya, yakni sekitar 10 tahun. Ini berarti PS4 harusnya diluncurkan pada tahun 2016.

Kini tampaknya janji tersebut terbantahkan, Sony berjanji bahwa PS4 sudah bisa dibeli sebelum liburan Natal 2013 ini. Sayang, tidak disebutkan secara pasti tanggal peluncuran konsol tersebut.

Begitu juga soal harga yang kini masih tanda tanya. Namun konsol ini diprediksi akan dijual sekitar Rp 4-4,5 juta.
sumber: detik
Comments
1 Comments

1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Chat