Home » » Perbedaan Software dan Aplikasi

Perbedaan Software dan Aplikasi



Aplikasi adalah software, tapi software belum tentu aplikasi
Software adalah perangkat lunak. Segala sesuatu yang berwujud perangkat lunak dapat disebut dengan software. Saya sendiri lebih suka menyebut software adalah segala sesuatu yang ada dalam komputer selain komponen fisiknya.
Aplikasi adalah bagian dari software. Sebuah aplikasi dibuat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang dikehendaki oleh penggunanya.

Aplikasi lebih “dekat” dengan manusia
Karena dibuat untuk tujuan tersebut, maka sebuah aplikasi biasanya membutuhkan interaksi dengan penggunanya. Menurut saya pribadi, aplikasi itu lebih dekat dengan manusia daripada software karena aplikasi hampir selalu memerlukan interaksi dengan manusia, sedangkan software sangat jarang membutuhkan interaksi dengan manusia.

Aplikasi lebih spesifik ke sistem operasi tertentu
Aplikasi adalah software yang bersifat khusus (spesifik). Ketika Anda menyebut istilah aplikasi, maka istilah tersebut akan cenderung dihubungkan ke suatu sistem operasi tertentu. Hal ini karena sebuah aplikasi biasanya dibuat untuk sistem operasi tertentu.

Fungsinya: software untuk mesin, aplikasi untuk manusia
Software berfungsi untuk membuat sebuat komputer berfungsi dengan semestinya. Software menghubungkan semua fungsi komponen komputer.
Aplikasi berfungsi untuk membantu pengguna menyelesaikan suatu pekerjaan.

Kebutuhannya: software itu wajib, aplikasi tidak
Software wajib dibutuhkan oleh komputer. Tanpa software, komputer tidak dapat berfungsi.
Aplikasi tidak wajib dibutuhkan oleh komputer. Komputer tanpa aplikasi masi dapat berfungsi, hanya saja tidak dapat digunakan untuk mengerjakan sesuatu.

Contoh penggunaan istilah
Sebuah sistem operasi (XP, Vista, 7) adalah software, bukan aplikasi. Sistem operasi hanyalah suatu dasar saja. Sistem operasi menyediakan tempat agar sebuah aplikasi bisa dijalankan. Komputer yang hanya memiliki sistem operasi tidak akan bisa digunakan untuk bekerja.

Untuk mengerjakan suatu tugas, misalnya mengetik, maka sistem operasi tersebut membutuhkan aplikasi pengolah kata (misal: Ms. Word).

Hasil di atas menunjukkan bahwa sistem operasi adalah sebuah software yang menghubungkan semua peralatan yang berhubungan dengan komputer. Monitor, printer, keyboard, hard drive, RAM, semuanya dapat saling terhubung karena adanya software.
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Software itu jelas beda gan dengan aplikasi. Kalau software itu dia yang mengatur cara kerja aplikasi sedang aplikasi ya aplikasi. Aplikasi bisa berjalan 'karena ada software yang mengaturnya. Contoh Aplikasi Accounting, bsia itung sendiri soalnya ada software yag uda atur gitu aja si gan. nice info hehehe

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Chat