Home » » Penyebab Web tidak bisa diakses

Penyebab Web tidak bisa diakses

Pernah mengalami masalah ketika membuka Web? masalah yang menyatakan bahwa server down? Penyebabnya adalah karena website sedang melakukan backup otomatis, sehingga system httpd (port 80 ketika akses menggunakan browser) di nonaktifkan. Namun, apabila server melakukan backup maka range time down sekitar 4-10 menit.


1. Server hosting memang DOWN
Cara tercepat untuk memastikan apakah hosting Anda down adalah dengan melakukan pengecekan di downornot.com. Tinggal Anda masukkan nama domain Anda. Jika hasilnya : “namadomainanda.com is up!”  itu artinya tidak ada masalah di server.

2. IP Address Anda diblokir oleh salah satu HOP
Perjalanan akses dari PC Anda menuju server tentunya melalui beberapa lintasan router yang disebut sebagai HOP. Jika IP Address anda ternyata diblokir oleh salah satu HOP/Router tersebut maka secara otomatis Anda tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju server.
Nah caranya tahu dimana letak putusnya koneksi Anda ke server adalah dengan menggunakan perintah TRACE ROUTE.
Caranya yaitu (pada windows) :
1. Start -> All programs  -> Accesories -> Command Prompt
2. Ketikkan : tracert namadomain
Misal : tracert Woooke.blogspot..com
Akan muncul lintasan router. Jika ada yang timed out (RTO), berarti ada hop yang bermasalah. Dan jika hasilnya putus waktu masuk ke server, berarti …
3. IP Anda terblokir oleh firewall server
Ini adalah kemungkinan yang paling sering terjadi pada hosting yang menggunakan firewall. Terutama yang menggunakan cPanel. IP Anda terblokir otomatis oleh server akibat :
- Akses yang terlalu tinggi sehingga server menganggapnya sebagai salah satu bentuk ddos. Hal ini terjadi karena Anda menggunakan IP dinamis/shared yang digunakan oleh banyak orang.
- Login ke cPanel/FTP/Email dengan menggunakan username dan pasword salah lebih dari 5 kali. Minta ke admin hosting Anda untuk melepaskan IP Address koneksi Anda dari blacklist firewall.

4.Koneksi Internet Kamu
Nah, silakan visit beberapa website lain, jika mengalami hal yang sama… yaitu website Kamu gak bisa dilihat maka masalah ada pada Provider internet.
Solusinya, hubungi penyedia layanan internet mu.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified