Home » » PENJAHAT FACEBOOK

PENJAHAT FACEBOOK


Facebook kini memiliki 800.000.000 akun yang terdaftar di seluruh dunia. Posisi tersebut membuat facebook memiliki 400.000.000 kunjungan user setiap harinya. Kondisi ini membuat facebook tidak hanya menjadi media utama untuk berbagi ide dan berinteraksi dengan teman, tetapi sekaligus juga sudah menjadi sasaran serangan oleh semua jenis kejahatan di dunia maya.
Dengan mengambil keuntungan dan kepercayaan para user dalam hubungan dijejaringan mereka, para penjahat dunia maya menyebarkan kode berbahaya dalam mengirim trik rekayasa sosial ke ribuaan user.


Rata rata para hacker memiliki halaman pages, dan yang menjadi target korban yaitu :
- Akun facebook yang mempunyai halaman pages juga.
mereka para hacker, hanya ingin mengambil pagesnya untuk mengambil keuntungan yaitu sejumlah member yg udah tergabung didalamnya atau di jadikan sebagai layanan di bidang iklan komersil didalam postingan update status, foto, video dan lainnya.
- Akun yang terlihat terbuka di publik.
Mereka bisa memperdaya dengan muda target korbannya masuk ke dalam usernya hingga mengambil keuntungan dengan cara mentransfer uang, pulsa dan lainnya. Biasanya juga target utama mereka, yang udah menjadi kecanduaan di dunia maya facebook.
- Ada juga loh.. hacker hanya targetnya hanya pada seseorang aja, contohnya karena putus sama pacar dan sakit hati hingga ia menghacker akun mantannya..!! :D
- Akun yang sering mengunakan aplikasi games dan memiliki sejumlah chip, atau memang hanya mengambil chipnya aja untuk dijual kembali bagi penguna game online.

Biasanya para hacker mengunakan PESAN SCAM &SPAM.
Berbagai jenis penipuan lainnya di jejaring sosial facebook:
1. Akun yang udah dibajak memposting pesan bahwa user terjebak di luar negeri, dan sangat membutuhkan uang untuk di kirim kepadanya. Ini adalah tipikal scam 419 transfer uang. Jadi yang merasa memiliki halaman tersebut jangan menanggapi pesan scam user tersebut. Walaupun halaman itu lebih penting daripada uang si pemilik halaman, lebih baik jangan lakukan sebab mereka akan memperdaya anda dan mengulang ulang kembali sampai harta anda terkuras habis.
2. Kelompok atau halaman yang banyak mempromosikan dan mengiklankan produk palsu diskon atas barang asli. Penipuan ini mirip dengan pesan spam email klasik, hanya di iklankan di berbagai tempat melalui facebook.
3. Maware, yang khusus menjadi target jejaring sosial seperti W32. Koobface.
4. Akun akan menyamar sebagai teman terpercaya, yang secara otomatis menambahkan semua teman umum untuk mendapatkan informasi yang tidak dibagi kepada semua orang.
Ada ada aja .. kepintaran perbuatan kejahatan. Sayang pintar pintar hanya digunakan sebagai sarana kejahatan, mungkin juga ini penyebab karena banyaknya pengangguran. Atau bisa juga karena lebih menyenangi pekerjaan menipu tanpa harus menggeluarkan keringat. Hadeh.. itu sama juga halnya mereka yang menjadi tikus tikus kantor di gedung putih. :D

Tapi jangan takut sob.. Saya beri tips anti petirnya.. alias agar akun kita aman dari hacker.

Tips aman dari hacker:
1. Hindari berbicara atau menerima undangan pertemanan dari pengirim yang tidak dikenali jejaring sosial.
2. Jangan publikan info alamat rumah, nomor telepon/hp, foto atau infomasi pribadi anda.
3. Pastikan anda memiliki password yang kuat, bukan nama hewan peliharaan, tggl lahir, nama dll.
4. Buatlah group kelompok teman atau keluarga dalam berbagi foto atau video.
5. Batasi akses orang lain atau pengguna lain ke profill, dari pilihan pencarian.
6. Batasi aplikasi aplikasi jejaring soaial yang meminta email dan password anda.
7. Pertahankan browser up to date san sistem operasi.
8. Ini cara paling aman yaitu gunakan https dan mendapatkan pemberitauan akses akun dari perangkat baru. Caranya mengirim email anda ke yahoo, lalu isi pendaftaran yg terlewatkan.
atau juga gunakan pc sebagai sarana hanya kepunyaan anda. Ini efeknya sangat bagus orang yang
akan menghacker akan terindeteksi keberadaannya.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified