Home » » Hati-Hati! Headset / Earphone Bisa Menjadi Musuh

Hati-Hati! Headset / Earphone Bisa Menjadi Musuh


Hati-Hati! Headset / Earphone Bisa Menjadi Musuh

Siapa yang tidak mengenal headset atau earphone, kita semua bahkan sudah akrab dengan perangkat yang satu ini. Bahkan ketika bepergian atau di rumah, alat/gadget ini tidak bisa terpisahkan lagi dari kita selain handphone dan notebook/tablet, bentuk yang praktis dan bisa nyambung dengan banyak gadget lain merupakan alasan headset/earphone sangat disukai. Bagi penggemar musik yang hidupnya terasa hampa jika tidak mendengarkan musik, earphone ini merupakan gadget sakti, karena kita bebas untuk mendengarkan musik tanpa diganggu atau mengganggu orang lain. Seperti di kantor bagi pekerja atau di perpus bagi mahasiswa tentunya akan terasa nyaman bagi kita dan orang lain jika mendengarkan musik via earphone daripada menggunakan speaker dengan suara keras dan tentunya bisa sebagai pelengkap fashion ketika jalan-jalan agar tidak mati gaya :)

Namun dibalik kesaktian fungsinya headset/earphone diam-diam bisa menjadi musuh bagi penggunanya. Terlalu sering menggunakan earphone akan menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran, Apalagi biasanya earphone/headset digunakan dengan diset sekeras-kerasnya untuk melawan noise dari luar, hal ini tentunya meningkatkan resiko. Pengalaman saya menggunakan earphone berlama-lama adalah ketika menggunakan earphone tidak terasa apa-apa, tapi ketika hendak mencabut earphone, telinga terasa agak panas dan berdengung hebat. Setelah gugling kesana kemari ternyata hal itu disebabkan oleh kelelahan koklea (rumah siput) di dalam telinga, yang berperan penting dalam proses pendengaran. Kelelahan koklea yang terjadi terus-menerus dan tak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pendengaran menetap. Ganguan tersebut bisa menyebabkan kehilangan pendengaran secara bertahap sampai kita tidak bisa mendengar suara sama sekali (tuli permanen). Wah serem banget!!
Setelah mengetahui hal tersebut saya kini makin hati-hati dalam menggunakan headset/earphone dalam mendengarkan musik, tidak pernah berlama-lama dalam menggunakan earphone maksimal jangka waktu 2-3 jam saja dan hanya menggunakan volume yang sangat kecil untuk mendengar musik, toh dengan suara kecil tersebut musik juga terdengar jelas dan jernih. So, jangan sampai karena hobi kita mendengarkan musik via headset/earphone dapat merusak karunia Tuhan yang paling berharga di tubuh kita.

Oh iya bahaya lain ketika menggunakan earphone adalah ketika kita mengendarai kendaraan, jangan menggunakannya saat menyetir karena akan membuat kita tidak mendengar suara peringatan orang atau mobil lain, yang kemungkinan besar menyebabkan kecelakaan. Self-awareness akan menurun karena pengalihan konsentrasi kita dari lingkungan sekitar dan jalan ke suara dari earphone.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified