Home » » 10 Robot Militer Masa Depan yang Penuh Kecanggihan

10 Robot Militer Masa Depan yang Penuh Kecanggihan


Robot berteknologi tinggi banyak dikembangkan oleh kalangan militer. Terutama militer Amerika Serikat yang sudah beberapa kali memamerkan robot canggihnya.
Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) sebagai bagian dari lembaga pertahanan AS banyak bertanggungjawab membuat robot untuk militer. Terkadang mereka mensponsori pihak lain seperti universitas untuk menciptakan robot dengan kemampuan canggih.
10 Robot Militer tau Tentara Masa Depan yang Penuh Kecanggihan



1. SAFFiR

SAFFiR ROBOT


DARPA menugaskan tim akademisi dari universitas Virgina Tech untuk mengembangkan sebuah robot pemadam kebakaran dengan julukan SAFFiR (Shipboard Autonomous Firefighting Robot). Robot ini mampu berjalan dan memanjat dengan mulus.

SAFFiR dibekali pula dengan bermacam sensor untuk mendeteksi api dan bahaya, juga kamera. Ia dapat dioperasikan jarak jauh melalui remote kontrol.



2. Cheetah

Cheetah ROBOT 
Sesuai dengan namanya, robot ini mampu berlari sangat cepat, setidaknya jika dibandingkan dengan jenis robot lainnya. Dikembangkan oleh kontraktor Boston Dynamics, Cheetah dijuluki sebagai robot tercepat di dunia dengan kecepatan lari bisa mencapai 18 mil per jam. Ia mempunyai empat kaki berteknologi canggih.

3. Big Dog



Big Dog Robot

Big Dog menjadi sensasi tersendiri karena kecanggihan dan bentuknya yang sangar. Robot ini ditujukan untuk membawa beban berat di medan pertempuran. Ia mampu berjalan cepat di berbagai medan, termasuk di kemiringan sekalipun. Bahkan ketika terpeleset di tempat yang licin, Big Dog dirancang mampu menyeimbangkan diri secara otomatis.


4. RHex

RHex Robot


Militer AS sedang mengujicoba robot bernama Rhex ini yang mempunyai enam kaki. Rhex yang dikembangkan oleh Boston Dynamics memang terinpirasi dari binatang kecoa. Ia sudah dibawa ke Afghanistan untuk tes.

Si robot dapat melintas dan melompat hampir di segala medan. Ia mempunyai sistem kamera untuk pengintaian dan dapat dikontrol dari jarak jauh.


5. Sand Flea

Sand Flea Robot

Sand Flea, demikian namanya, bisa melontarkan diri hingga mendarat di atas gedung setinggi sekitar 10 meter ataupun ke area perbukitan. Robot mini yang dikendalikan dengan remote kontrol ini bisa melakukan sekitar 25 kali lompatan sebelum dayanya habis. Dia didesain sedemikian rupa sehingga pendaratan mulus dan tidak sampai merusak bodinya.

Rencananya si robot bakal diterjunkan ke medan perang seperti Afghanistan sebagai mata-mata. Ya, ia dibekali kamera untuk mengintai situasi sekitar.

6. Recon Scout

Recon Scout Robot

Recon Scout dikembangkan oleh perusahaan bernama ReconRobotics yang baru saja dikontrak oleh Angkatan Laut AS senilai USD 1,7 juta untuk mengembangkannya. Robot ini bisa beroperasi di semua tempat dan mentransmisikan video secara real time. Ia akan membantu militer dalam mengamati berbagai lokasi, seperti bunker dan sebagainya.


7. Petman

Petman RobotPetman yang dikembangkan oleh Boston Dymanics, dideskripsikan sebagai robot pertama yang mampu bergerak secara dinamis seperti manusia. Dia dapat berjalan dengan mulus, bahkan melakukan push up. Mungkin Petman akan menjadi cikal bakal robot humanoid militer AS.


8. Ekso Skeleton

Ekso Skeleton
Ekso Skeleton adalah kerangka robot dengan berbagai macam kegunaan. Tujuan utama dikembangkannya perangkat Ekso Skeleton ini adalah untuk menambah kekuatan para tentara. Tentara bisa memakainya sehingga lebih kuat dan terlindungi.


9. TerraMax



TerraMaxKendaraan truk berwujud garang ini dapat beroperasi secara otonom. Ia dikembangkan oleh perusahaan bernaam Oskhosh. TerraMax dirancang dapat membawa berbagai peralatan sampai memonitor wilayah-wilayah terpencil.

10. Robojelly

RobojellyIlmuwan di University of Texas dan Virginia Tech menciptakan robot Robojelly yang bentuknya mirip dengan ubur-ubur. Belum diterangkan secara jelas apakah kegunaannya nantinya, barangkali untuk kegiatan pengintaian.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified