Home » » Legenda Atlantis Diilhami Oleh Terjadinya Tsunami

Legenda Atlantis Diilhami Oleh Terjadinya Tsunami

Ledakan vulkanik yang melenyapkan banyak pulau dan memicu tsunami sejauh ratusan mil hingga mencapai daerah Israel saat ini, mungkin telah mengilhami munculnya legenda Atlantis ungkap para ilmuwan.

Penemuan baru tentang tsunami terakhir ini bisa menjelaskan potensi destruktif bencana di masa depan, para peneliti menambahkan.

Pulau-pulau yang membentuk lingkaran kecil kepulauan Santorini, sekitar 120 mil (200 km) tenggara Yunani, adalah sisa-sisa dari satu pulau besar, sampai salah satu letusan gunung berapi terbesar pada zaman Perunggu antara 1630 SM hingga 1550 SM. menghancurkannya.

Spekulasi mencuat bahwa, legenda Atlantis, yang menurut Plato tenggelam di laut telah diilhami oleh letusan Santorini . Meskipun pulau ini sering dianggap hanya sebagai sebuah penemuan, letusan gunung berapi mungkin telah melahirkan cerita tentang kerajaan yang hilang dan melenyapkan peradaban Minoan yang pernah mendominasi Mediterania.

Penyebab utama mengapa letusan gunung api dapat mendatangkan malapetaka pada peradaban Minoan adalah karena tsunami raksasa yang dipicunya. Namun, efek sesungguhnya dari letusan ini dan gelombang pembunuh yang ditimbulkannya telah menjadi misteri selama beberapa dekade.

Sekarang, para ilmuwan menemukan bahwa tsunami yang muncul cukup kuat untuk merambat sekitar 600 mil (1.000 km) dari Santorini dan mencapai pantai timur terjauh Mediterania sehingga, meninggalkan lapisan puing yang tebalnya lebih dari satu kaki di pantai Israel.

Para peneliti telah melakukan penggalian sedalam 65 kaki (20 meter) di lepas pantai Kaisarea, Israel untuk mengumpulkan tabung sedimen, atau inti, lebih dari 6 meter (2 meter) dari dasar laut.

Dalam core, mereka menemukan bukti hingga hampir 16 inci sedimen yang menyimpan informasi tanggal letusan Santorini. Rentang ukuran partikel yang membentuk deposit ini adalah jenis yang biasa diakibatkan oleh badai tsunami.

Penemuan ini tidak disengaja. Mereka sebenarnya sedang meneliti runtuhnya pelabuhan Kaisarea kuno, yang penyebab tengah hangat diperdebatkan, diantaranya gempa bumi dan tsunami.

"Aku sedang menguji bagaimana deposit tsunami Romawi dan Bizantium dapat dikarakterisasi dengan mempelajari berbagai ukuran butir pada deposit. Saya kemudian menyadari bahwa jumlah deposit tsunami yang ada lebih dari yang diharapkan, "jelasnya. "Aku tidak punya harapan bahwa sisa-sisa dari peristiwa di Santorini akan terdapat dalam core."

Temuan ini mendukung gagasan bahwa letusan Santorini dan efek sampingya, seperti tsunami, sangat besar.

"Dalam kasus timur Mediterania, tampaknya ada kelangkaan yang mengejutkan pada situs arkeologi di sepanjang garis pantai pasca letusan Santorini," kata Goodman. Entah karena para arkeolog telah gagal untuk berkonsentrasi pada jangka waktu ini, "yang tidak terjadi," katanya, atau tsunami memiliki dampak yang sangat nyata pada permukiman pesisir.

Perubahan kehidupan yang dramatis yang dipicu oleh tsunami "mungkin telah menjadi bagian dari jalinan cerita Atlantis," tambah Goodman. "Jaringan perdagangan laut berbasis agak canggih di masa itu, dan koloni yang hampir semata-mata bergantung pada rute perdagangan yang ada. Hal ini sulit untuk membayangkan bahwa seperti bencana luas tidak menyebabkan mereka kekurangan berat dalam persediaan, kekayaan dan kekuasaan. "

Meskipun Atlantis itu sendiri "adalah sebuah mitos dan legenda, cerita ini memberikan informasi mengenai kejadian yang dialami oleh orang-orang pada zaman dahulu," kata Goodman. "Ada kemungkinan bahwa orang-orang yang menyampaikan cerita tersebut pernah mendengar atau menyaksikan kejadian-kejadian di mana bangunan-bangunan pantai tenggelam akibat gempa bumi; kota-kota pantai yang kebanjiran selama tsunami; pulau yang tercipta akibat aktivitas gunung berapi di bawah air. Mungkin ada fakta yang memberikan legitimasi dan realitas tertentu legenda Atlantis. "

Untuk dapat lebih merekonstruksi tsunami Santorini, para ilmuwan berencana untuk menganalisis deposit yang lebih dekat dengan lokasi letusan, seperti di Kreta dan di bagian barat Turki. Mengetahui dampak potensi tsunami amat penting untuk perencanaan dan pengelolaan pesisir, kata Goodman, menambahkan bahwa Mediterania timur sangat padat penduduk dan memiliki infrastruktur yang cukup sensitif seperti pembangkit listrik.

"Saya kira selalu ada pertanyaan apakah akan terjadi tsunami lain di timur Mediterania," kata Goodman. "Jawabannya adalah ya. Aku benar-benar memeriksa ketinggian rumah saya sebelum menyetujui untuk pindah dekat Kaisarea."
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified