Home » » Faktor-Faktor Penting Sebelum Anda Membuka Warnet/Game Center

Faktor-Faktor Penting Sebelum Anda Membuka Warnet/Game Center


Sebagai seorang owner warnet dan game center yang sudah jalan 4 tahun rasanya saya ingin berbagi pengetahuan yang sudah saya dapatkan selama ini ketika berurusan dengan segala sesuatu tentang warnet dan game online. Seperti halnya didaerah saya, warnet sekarang sudah menjamur dimana-mana, mulai dari daerah kota sampai pinggiran kota. Akan tetapi ketika beberapa tahun , bahkan hitungan bulan mulai satu persatu dari mereka berguguran dan terpaksa tutup dengan berbagai alasan.

Ketika berencana membuka sebuah warnet, hendaknya kita harus memperhatikan beberapa faktor yang akan saya jelaskan dengan detail dibawah nanti agar tidak senasib dengan warnet-warnet yang gulung tikar hanya dalam beberapa tahun dan bulan saja, atau senasib dengan warnet-warnet yang hidup segan mati tak mau, alias diambang kebangkrutan.
Berikut faktor-faktor yang saya maksud :
1. Apakah anda sanggup dan tahu ?
Maksud saya diatas adalah apakah anda sanggup menjadi owner warnet? kalau anda tidak mengerti dengan komputer dan internet , kasarnya cara shutdown komputer aja gak tau tapi pingin buka warnet? saya analogikan kalau seorang yang gak tau apa-apa dengan mesin motor tapi pingin buka bengkel, apa jadinya ?
Lain kasus jika anda tidak mengerti dengan komputer, tapi rencanannya nanti menunjuk seorangan yang faham segala sesuatu tentang komputer untuk membantu anda menghandle warnet, pilihan ini jauh lebih bagus. Lebih bagus lagi kamu setidaknya mengerti sedikit dengan komputer dan internet. Faktor ini yang paling fundamental, ketika berencana membuka sebuah warnet, sebaiknya anda pikirkan matang-matang.
2. Budget/dana
Faktor ini cukup penting, mengingat pentingnya sokongan dana untuk membuat sebuah warnet. Bingung dengan berapa dana yang anda butuhkan ?
jabarkan semua budget untuk keperluan dibawah ini:
- pembelian komputer & alat2 pendukung (modem,ups , stabilizer,dll)
- dana untuk box warnet , meja, kelengkapan warnet
- dana pemasangan internet ( speedy, atau isp lain )
- dana sewa bangunan/ruko
ketika anda sudah menghitung, semua apakah budget anda cukup ?
saran saya, anda boleh ragu untuk mengeluarkan dana lebih untuk hal yang lain, tapi jangan ragu untuk mengeluarkan dana lebih untuk kenyamanan user anda nanti, misal untuk komputer dan koneksi internet anda. Trust me, ketika kamu menurunkan kualitas semua pc/koneksi karena dana, warnet kamu ga akan tahan lama. Mending kurangi jumlah pc, dari pada menurunkan kualitas spesifikasi pc warnet/game kamu.
3. Komputer yang cocok untuk warnet anda
Faktor lain yang tak kalah penting adalah memilih komputer untuk warnet anda nanti. Komputer untuk browsing dan game center, jelas berbeda.
* Jika anda ingin membuka warnet saja, komputer dengan pentium 4 dan ram 1gb, vga onboard, sepertinya sudah cukup. Saya sarankan untuk minimal ram 1gb, ram 512 untuk semua program sekarang rasanya terlalu pas-pasan, user kadang bete kalau pc loading cukup lama.
* Untuk pc game center, saya sarankan untuk menggunakan ram 2gb, dengan vga . Spek ini merupakan yang paling minim untuk sebuah game center, jika ingin user nyaman ketika bermain game, sepengalaman user game di tempat saya, rata2 membuka lebih dari 1 client game ketika bermain.
* yang paling penting lagi adalah pemilihan power supply, pengalaman saya jika menggunakan power supply bawaan casing ( power supply abal-abal aka power supply murahan), akan sering sekali jebol . apalagi ketika kita dapat pada jalur listik pln dengan tegangan tidak stabil. Saya lebih memilih power supply yang bagus ( merk acbelt / power muscle) , harga lebih mahal tapi tahan lebih lama dan juga tahan dengan kondisi tegangan yang tidak stabil, jika memakai power supply biasa pc akan restart ketika tegangan tidak stabil, tapi 2 psu ini akan sanggup menahannya. Kalau sering pc restart sendiri karena tegangan, efeknya ke windows ( sering crash) dan ke hard disk kamu.
*Opsi lain kalau tidak ingin membeli power supply yang bagus dan anda berada dijalur tegangan pln yang tidak stabil adalah dengan menggunakan stabilizer motor untuk masing-masing pc kamu ( bukan stabilizer abal abal )
4. Koneksi/isp untuk warnet kamu
Ketika pc kamu sudah siap, sekarang saatnya memikirkan koneksi/isp untuk warnet kamu. Sebelum memilih beberapa besar koneksi untuk warnet kamu,  bandingkan dulu dengan jumlah pc untuk  warnet kamu.
- jumlah pc 10-20 : koneksi 2Mbps speedy sudah cukup , untuk diatas 15 pc disarankan dengan menggunakan proxy .
- jumlah pc 20-30 : koneksi 3Mbps speedy sudah cukup, ditambah dengan proxy .
- diatas 30 pc, bisa memakai 2 koneksi gabungan diatas .
untuk isp , speedy masih cukup bisa diandalkan karena memang cuma satu-satunya di kota saya ( kota kecil ) , jika kamu ada dikota lain, bisa bandingkan dengan isp lain dan jika ada yang lebih bagus silakan pakai. Untuk game center yang lebih dari 20 pc, saya sarankan untuk menggunakan isp dengan koneksi dalam negri ( IIX ) yang bagus , semacam isp lintasarta.
5. manajemen bandwith internet
Manajemen bandwith sangat penting untuk saat ini, dengan manajemen bandwith kita bisa membatasi koneksi untuk setiap pc, membatasi download, upload , bisa membagi koneksi untuk game dan browsing . Apa jadinya jika koneksi warnet kamu langsung loss modem, jika ada 1 user download dengan idm, koneksi warnet kamu langsung super lemot dan user-user lain mulai berteriak .. mas.. kok lag yahhh..
Manajemen bandwith kamu dengan mikrotik, dengan miktorik semua bisa diatur dengan mudah. Koneksi internet kamu dijamin akan selalu stabil, biarpun ada yang download . Saya menggunakan jasa orang lain untuk mensetting mikrotik ini,   langsung dengan orangnya disini(www.jasasetting.com) . Settingnnya perfect dan bisa diremote dari jauh, jangan takut buat yang tinggal di luar kota. Penggunaan tambahan proxy ubuntu akan lebih baik, membuat koneksi internet kamu jauh lebih cepat.
6. Listrik
Faktor terakhir yang akan saya bahas , akan tetapi juga amat sangat penting dan saya sempat kecolongan dengan hal ini, yaitu listrik. Seberapa besar daya yang anda butuhkan untuk warnet kamu ? berikut akan saya jelaskan sesuai dengan pengalaman saya.
gambaran konsumsi 1 pc + 1 lcd  = 110-120 watt
- untuk warnet dengan 10 pc : listrik dengan daya 2200 sudah cukup, plus kulkas tapi tidak dengan AC.
- untuk warnet dengan 20 pc : listrik dengan daya 3300 watt cukup, kulkas tapi non AC.
saran saya, sebelum penginstalan jaringan listrik kewarnet kamu cari orang pln/petugas pln untuk mengecek tegangan listrik ke warnet kamu sudah pas/stabil atau belum. Pengalaman saya, ternyata selama 2 tahun menggunakan jalur/line listrik dari tiang dengan daya dibawah 190volt. Setelah di ganti jalur dari tiang, cari tegangan diatas 220 volt, akhirnya listrik stabil sampai dengan sekarang.
demikian ke 6 faktor yang penting untuk anda cermati sebelum membuka sebuah usaha warnet/game center.
Comments
1 Comments

1 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...

    UPS Eaton 850VA
    Price Rp 785,000

    Deskripsi :

    Topology : Line interactive
    Configuration : Tower
    Color : Black and silver
    Rating (VA/Watts) : 850/600
    Diagnostics : Full system self-test at power up
    Dimensions (H x W x D, inches) : 9.1 x 5.9 x 13.6
    Dimensions (H x W x D, mm) : 230 x 150 x 345

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya



    Terimakasih :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified