Home » » Apa itu Bug dan Sejarah Bug

Apa itu Bug dan Sejarah Bug


Apa yang disebut BUG?
Bug apabila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti kutu atau serangga. Namun pengertian bug yang sebenarnya dalam istilah komputer adalah suatu kesalahan desain pada suatu hardware maupun software yang menyebabkan perangkat tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Istilah bug sendiri lebih dikenal dalam dunia software ( perangkat lunak ).

Sejarah penamaan BUG
Pada tahun 1945 an, ukuran komputer masih sebesar kamar, pihak militer Amerika Serikat menggunakan komputer yang bernama “Mark 1”. Suatu ketika komputer ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata pada suatu bagian perangkat keras terdapat serangga yang tersangkut.
Setelah serangga itu dikeluarkan, komputer sudah bisa berfungsi normal kembali. Maka sejak saat itulah kata bug lekat dengan permasalahan pada komputer. Istilah debugging adalah proses menghilangkan bug dari suatu program.

Insiden BUG yang terkenal
Sebagian dari kita mungkin tahu dengan yang namanya insiden Y2K yang terjadi menjelang tahun 2000. Bug ini terjadi karena kebiasaan para programmer di era 1980 an menyimpan tahun dalam format 2 angka. Kebiasaan ini menimbulkan masalah ketika dunia akan memasuki tahun 2000, yaitu ketakutan bahwa tahun 2000 akan diinterpretasikan sebagai tahun 1900.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified