Home » » Zat Nutrisi dan Jenis Makanan yang Dibutuhkan Otak

Zat Nutrisi dan Jenis Makanan yang Dibutuhkan Otak

oleh Muh. Fachrizal di 1:57 PM
Berikut dibawah nutrisi dan jenis makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan otak :

1. Omega 3
Zat ini diperlukan oleh setiap membran sel dan penting bagi fungsi otak. Ada 3 jenis Omega 3, yaitu : DHA (docosahexaenoic acid), EPA (eicosapentaenoic acid), dan ALA (alpha linolenic acid). Ketiga jenis Omega 3 tadi penting terkonsentrasi di otak untuk kemampuan kognitif (ingatan dan penampilan) dan perilaku.

Penggunaan Omega 3 secara luas dapat mengobati : kolestrol tinggi, penyakit jantung, hipertensi, diabetes, kurang berat badan, depresi, osteoporosis, hiperaktif, asma, sakit karena haid, dll.

Jenis makanan yang mengandung zat ini adalah : ikan air dingin (seperti salmon, makerel, sarden, tuna), buah kiwi, rami, kacang tanah, dan kacang kenari.



2. 2. Asam Folat
Folat diproduksi oleh liver (hati) setelah organ ini menyerap vitamin B yang masuk dalam tubuh. Penggunaan folat yang mamadai akan berguna bagi fungsi otak. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi folat lebih banyak dari yang lain akan memiliki resiko yang lebih kecil terkena penyakit Alzheimer.

Jenis makanan yang mengandung folat ialah : bayam, jus jeruk, dan ragi.

3. 3. Flavonoid
Efek antioksidan dalam flavonoid telah terbukti dalam tes tabung di laboratorium. Sejauh ini nutrisi ini menunjukan bukti menurunkan ketidakseimbangan daya ingat pada tikus.

Jenis makanan yang banyak mengandung flavonoid : kakao, coklat, teh hijau, jeruk, anggur, coklat hitam, dan ginko biloba.

4 4. Antioksidan
Otak sangat rentan terhadap kerusakan oksidatif. Itu sebabnya mengapa makanan yang mengandung antioksidan memberi pengaruh yang baik terhadap kesehatan otak.

Antioksidan mempunyai banyak jenis dan banyak ditemukan diberbagai jenis makanan seperti : alpha lipoic yang ditemukan pada bayam, brokoli, dan kentang ; vitamin E yang ditemukan pada minyak sayur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau ; kurkuma yang terdapat pada kunyit ; serta vitamin C pada jeruk dan sayur-sayuran.





Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar dengan menggunakan kata yang Sopan...
Trims...

Languange

English German Russian Japanese Arabic Chinese Simplified